Prak 14 – 3-point Light Setup

12.02 Yahya Adis 0 Comments

1. Tujuan

Mengenal tata lampu pada media 3D melalui praktek tata lampu 3-point lighting

2. Alat

Blender 2.7+

3. Bahan

4. Dasar Teori

A. Lighting Component

Salah satu komponen lighting adalah shadow. Shadow memberi informasi bentuk bagi sebuah objek.
Shadow juga berfungsi sebagai informasi posisi objek terhadap environment.
Penguasaan shadow, akan membantu kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

B. Lighting Setup

Lighting setup adalah tata lampu yang melibatkan satu atau lebih lampu yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda untuk mencapai tujuan yang sama.
Dalam 3 point lighting, terdapat 3 lampu yang digunakan. Masing-masing lampu tersebut ada yang berfungsi sebagai key light, fill light, dan back light.
fungsi dari masing-masing lampu adalah sebagai berikut:
  1. Key light berfungsi sebagai sumber cahaya utama
  2. Fill light berfungsi untuk membuat shadow dari key light menjadi lebih soft
  3. Back light berfungsi untuk membuat outline dari objek
Gunakan simulator ini untuk melihat efek dari masing-masing lampu.
secara umum tata lampunya relatif terhadap objek dan kamera adalah sebagai berikut

3 Point Light Setup

5. Petunjuk Praktikum

6. Kegiatan Praktikum

Aplikasikan teknik 3 point lighting pada 3D model yang sudah kalian buat sebelumnya.

7. Hasil Praktikum yang diharapkan

Buat video reel dari hasil masing-masing latihan yang telah dikerjakan apapun hasilnya, seburuk apapun.

8. Kesimpulan yang diharapkan

Simpulkan dalam bentuk ringkasan, pengalaman yang diperoleh dari praktikum ini

9. Referensi


Hasil Praktikum



0 komentar:

mohon komentarnya ya...