[Kuliah] Laporan praktikum ke 2 mata kuliah Animasi 2 Dimensi

09.31 Yahya Adis 0 Comments

Tujuan : 
Mahasiswa dapat membuat bola memantul acroos the screen dengan menggunakan software pencil 2d
Mahasiswa dapat memahamii dasar pembuatan animasi bola memantul melintasi layar.

Alat dan Bahan : 
Software 2D
PC
Wacom

Dasar Teori 
Dalam hal ini sebelumnya kita perlu mengetahui Teori 12 Prinsip dasar animasi . Teori 12 prinsip dasar animasi ini tersusun dalam buku “The Illusion of Life:Disney Animation” yang dibuat oleh dua animator Walt Disney yang bernama Frank Thomas dan Ollie Johnston. 12 prinsip dasarnya yaitu :

  1. Pose to pose Pose to pose merupakan penentuan key animation dan in between dalam sebuah pergerakan animasi dari pose awal hingga pose akhir dan nantinya akan berlanjut pada pose berikutnya. 
  2. Timing dan Spacing Timing adalah pengaturan waktu tentang sebuah gerakan yang akan dilakukan. dan spacing adalah pengaturan tentang berapa lama waktu yang dipakai pada sebuah gerakan. Contoh: bila kita melempar sebuah bola, maka bola tersebut akan memantul secara ritmik sampai akhirnya bola tersebut berhenti memantul. Gerakan bola yang secara ritmik menyentuh tanah disebut timing, sedangkan lamanya bola memantul di udara dari bola tersebut terpantul hingga nantinya menyentuh tanah untuk terpantul kembali disebut spacing. 
  3. Secondary Action Secondary Action adalah gerakan tambahan yang dilakukan untuk memperkuat sifat dari gerakan utama. 
  4. Ease In and Ease Out Pengaturan letak dan jumlah frame yang diberikan agar menciptakan kesan adanya gravitasi dan akselerasi pada sebuah gerakan. 
  5. Anticipation Anticipation adalah sebuah gerakan yang dilakukan sebagai awal atau ancang-ancang sebelum melakukan gerakan yang dimaksud. 
  6. Follow Through and Overlapping Action Follow Through adalah sebuah gerakan yang terjadi sebagai reaksi akhir dari gerakan utama yang telah dilakukan. Overlapping Action merupakan serangkaian gerakan yang dilakukan bersamaan dan saling mendahului sehingga menciptakan kesan bertumpuk-tumpuk. 
  7. Arcs Arcs adalah pemberian unsur melengkung pada sebuah gerakan agar terlihat lebih natural dan realistik. Contohnya: saat kita melempar bola, maka akan ada gerakan melengkung yang ditunjukkan oleh lintasan tangan saat melempar bola dan lintasan gerak bola ke udara. Dengan menerapkan prinsip arcs ini, sebuah animasi akan terlihat lebih luwes dan dinamis. 
  8. Exaggeration Exaggeration adalah pen-dramatisir-an sebuah gerakan yang bersifat mempertegas gerakan yang sedang dilakukan.
  9. Stretch and Squash Pemberian unsur kelenturan yang berdampak pada perubahan bentuk pada sebuah gerakan agar menciptakan kesan benda yang berbobot dan bervolume dalam gerakan animasi. 
  10. Staging Staging merupakan penempatan karakter dihadapan kamera secara tepat sehingga konsep yang kita inginkan dapat terbaca oleh penonton. 
  11. Appeal Pemberian daya tarik yang unik pada setiap karakter dalam sisi desain, watak, maupun dalam sisi caranya menunjukkan ekspresi 
  12. Solid Drawing Kemampuan menggambar yang stabil dan memahami perspektif sangat diperlukan karena diharuskan untuk menggambar tokoh dalam segala sudut secara berulang-ulang. 


Itulah tadi 12 prinsip dasar animasi. Dalam pembuatan Animasi Bola memantul pada layar ini perlu diperhatikan dalam time dan spacing yang akan digunakan, bagaimana bola dari tempat yang tinggi memantul semakin rendah dan rendah. Disebut juga Decay yaitu tinggi pantulan berikutnya lebih rendah dari pantulan sebelumnya. Selain itu, bola ini tidak hanya bergerak ke atas dan bawah tapi juga ke kiri dan ke kanan. Percepatan antara bola yang melambung tinggi dengan bola yang memantul semakin rendah juga berbeda.


HASIL Praktikum :



HASIL VIDEO :

0 komentar:

mohon komentarnya ya...